Friday, October 25, 2013

Training PP (3) Bantuan Hidup Dasar

Tanda-tanda seseorang dikatakan hidup adalah : masih bernapas dan jantung masih berdetak. Secara garis besar, mati dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu :
1. Mati klinis : jantung berhenti & tidak bernapas, tapi belum ada kerusakan sel (4-6 menit)
2. Mati biologis : jantung berhenti & tidak bernapas, sudah ada kerusakan sel, terutama sel otak (8-10 menit)
PP inilah yang akan menjadi tawar-menawar dengan malaikat pada kondisi mati klinis. Sedangkan mati biologis, tidak bisa ditawar lagi.

Tanda-tanda orang meninggal dunia :
1. Lebam mayat, 20-30 menit setelah meninggal
2. Kaku mayat, 4-6 jam setelah meninggal
3. Pembusukan

Prinsip bantuan hidup dasar ini adalah ABC :
- Airway control
- Breathing support
- Circulation

Airway control dan breathing support sudah dijelaskan di bagian sebelumnya. Untuk circulation, jika tidak ada nadi pada penderita, maka lakukan RJP (Resusitasi Jantung Paru-paru). Kira-kira caranya seperti gambar di bawah ini :

taken from Google

Dalam melakukan JPR, membutuhkan kondisi fisik yang bagus, karena dalam melakukan semua langkah tersebut dalam waktu yang singkat membutuhkan energi yang besar. Jika kesulitan belajar PP, mintalah bantuan orang yang lebih ahli. Jika dimungkinkan, ikutilah training dari yang sudah berpengalaman, karena mereka sudah mempunyai peralatan yang dapat menunjang pelatihan. Namun, sekali lagi, PP ini hanya sekedar penanganan/ pertolongan pertama, kita bukan dokter atau paramedis. Jadi, saat kita menemui penderita, tetaplah meminta bantuan fasilitas kesehatan terdekat untuk segera mendapatkan penanganan lebih lanjut. Lakukan PP ini setelah diri Anda dan keadaan sekitar Anda aman.

No comments:

Post a Comment