Saturday, October 26, 2013

[Share] Wedang Jahe untuk Mengurangi Batuk

Peralihan musim kemarau ke musim hujan kadang sangat berdampak pada tubuh manusia. Penyakit seperti flu dan batuk menjadi sering dijumpai pada saat ini. Tak memungkiri Anda pun bisa terkena penyakit tersebut, tak terkecuali saya. 

Awalnya badan demam, kemudian tenggorokan terasa gatal, kalau tidak batuk tenggorokan rasanya masih ada yang ngganjel gitu. Sayangnya, saya bukan tipe yang sakit langsung ke dokter atau minum obat. Lebih baik menjaga pola makan dan mencoba pengobatan tradisional. Entah kenapa saat itu kepingin banget minum wedang jahe hangat. Padahal sebelumnya saya ngga doyan sama yang namanya wedang jahe, pedesnya aneh. Permen jahe pun saya juga tidak terlalu suka. 

taken from Google
Akhirnya saya hunting wedang jahe di Kepanjen, eh ternyata warung kopi depan kos ternyata jual. Dengan 2500 perak saya beli wedang jahe. Cukup aneh wedang jahe di sini, karena setelah dikeprek, jahenya masih ditinggal di dalam gelas. Kalau di Semarang kan, wedang jahe ya udah bening gitu. Jahenya ditinggal di dalam teko. Ya mungkin karena pembuatan jahe yang per batch gelas beda sama per batch teko, hihihi..Jahe sendiri mengandung zat anti bakteri yang baik, bisa menghangatkan badan, dan mengobati batuk. Alhamdulillah, 2x minum wedang jahe, batuk berkurang, dan tiga hari setelahnya badan sudah kembali bugar. Alhamdulillah saya ngga perlu ke dokter atau minum obat yang pahit. Saya juga akhirnya menyukai rasa pedas dari jahe, unik. :)

Tapi inget, kalau batuk ngga sembuh2, langsung dibawa ke dokter aja. Minum jahe ini bukan penyembuhan mutlak untuk sakit batuk, hanya membantu meredakan batuk, syukur2 bisa sampai sembuh. 

No comments:

Post a Comment