Friday, July 11, 2014

Cara Membuat Omelet dan Scrambled Egg ala hotel

Ada satu hal yang saya dapatkan selama jalan-jalan, eh, business trip beberapa kali : melihat koki hotel memasak omelet dan scrambled egg secara langsung untuk breakfast tamu.

    
Omelet                                                      Scrambled egg


Sebenernya olahan telur seperti omelet bukan hal yang baru lagi untuk orang Indonesia. Tapi memang ada perbedaan untuk tingkat kematangannya kali ya, omeletnya versi Indonesia itu telur dadar, sedang scrambled egg itu telur orak arik (cmiiw) semuanya dimasak yang ga terlalu matang bahkan ga sampe bikin warnanya coklat gitu.

Tapi saat melihat koki2 tsb masak, rasanya emejing..kaya mau makanan bule gitu, padahal juga sama aja, kita bisa bikin sendiri koq di rumah. Cukup modal telur, garam, merica, minyak goreng/mentega. Mo tambah isi macem2 silakan sesuai selera. Yang perlu diinget adalah jangan kebanyakan minyak, sama api kompor kecil aja. 

Omelet
Bahan : 
1 butir telur kocok
1 sdt garam, 1 sdt merica
potongan sayur (daun bawang/paprika/dsb sesuai selera)
1 sdt minyak goreng/mentega/margarin

Cara membuat :
1. Ratakan minyak pada wajan penggorengan (sedikit saja) kemudian masukkan kocokan telur yang ditambah garam dan merica
2. Jika sudah agak padat di bagian pinggir, angkat sedikit dan putar wajan hingga kocokan telur yang masih cair bisa terkena panas wajan. Jika sudah padat, lipat telur tersebut (warna masih kuning), dan langsung angkat sajikan.

Scrambled egg
Bahan : 
1 butir telur kocok
1 sdt garam, 1 sdt merica
Susu cair
Potongan keju cheddar
1 sdt minyak goreng/mentega/margarin

Cara membuat :
1. Ratakan minyak pada wajan penggorengan (sedikit saja) kemudian masukkan kocokan telur yang ditambah garam dan merica. 
2. Tuang sedikit susu cair di atasnya, kemudian taburkan potongan keju.
3. Jika sudah agak padat di pinggir, orak arik telur tersebut hingga tidak ada yang cair lagi (warna masih cerah). Angkat dan sajikan.

Rasa omelet dan scrambled egg selera saya adalah yang masih lembut/ terasa moisturenya namun tidak berminyak. Susu cair dan potongan keju pada scrambled egg memberikan rasa gurih. Biasanya omelet dan scrambled egg ini dimakan dengan sedikit saos tomat/sambal. Hmmm...nnyummyy...what a lovely breakfast! :)

6 comments: