Tuesday, January 6, 2015

Cara Membuat Paspor Online di Imigrasi Malang (Karyawan Swasta Domisili luar Malang)

Jaman sekarang ke luar negeri itu bukan barang mewah lagi. Banyak penerbangan dengan yang harga yang terjangkau sehingga total biaya ngga jauh2 amat bila dibandingkan dengan pergi ke dalam negeri
.
Saya dan teman2 ada rencana untuk travelling ke luar negeri, entah kapan terlaksana karena masih wacana. But we're so excited to talk about this :) Kebetulan saya masih punya beberapa ganti libur, maka saya niatkan untuk buat paspor dahulu. Googling sana sini, ada layanan paspor online. Yes! Ga perlu lagi ribet2 sana sini, bolak balik. But wait, saya mau bikin di mana ya? Domisili Semarang, tapi kerja di Malang. Enaknya gimana?

Akhirnya saya memutuskan bikin di Malang, karena ternyata walaupun online, masih ada 2x pergi ke kantor Imigrasi buat ngurus paspor. Kalau bikin di Semarang, saya bisa tekor di ongkos PP Semarang-Malang. Dengan berbekal Akta kelahiran dan KK asli, saya mantapkan untuk buat paspor baru. 

Pertama, buka dulu webnya ya http://www.imigrasi.go.id/
Dibaca2 dulu persyaratannya, kemudian masuk ke layanan paspor online yang XPRI itu. Saya sarankan baca dulu petunjuk pengisian layanan paspor online. Yang perlu diperhatikan adalah siapkan KTP agar lebih mudah dan cepat dalam pengisian formulir. Setelah selesai, maka Anda akan mendapat email dari Imigrasi untuk segera membayar biaya pembuatan + ID biometrik sebesar 355rb. Kanim II Malang hanya menerima pembayaran melalui BNI dengan datang ke banknya agar mendapat bukti transaksi dan nomor jurnal. Mungkin Kanim lain berbeda ya, di Jakarta lebih banyak pilihan untuk pembayaran. 

Kedua, membayar biaya pembuatan paspor 355rb + biaya admin 5rb, jadi total 360rb. Nanti disini dapet bukti pembayaran sebanyak 3 lembar (2 lembar digunakan saat foto+wawancara, 1 lembar untuk pengambilan paspor).

Ketiga, datanglah ke kantor Imigrasi sebelum jam 08:00. Pengalaman saya yang dateng jam 10:00 baru dipanggil sekitar jam 13:00. Oh, God... Jadi kalau yang pengen diproses lebih cepat datanglah sebelum jam 08:00. Karena apa? Kantor Imigrasi memang buka jam 8, tapi pegawainya sudah siap jam 7:30. Apalagi kalau mau ngurus manual, belum jam 9 aja sudah habis tuh nomor antrian. 

Untuk mengurus paspor online, lebih cepat. Tinggal ke Bapak2 bagian pelayanan paspor online, nanti dicek dokumen dan diberi formulir berupa surat pernyataan bermaterai 6000 beserta mapnya yang gratis (materainya sih beli di Koperasi 8rb). Kemudian ke security untuk minta nomor antrian yang distaples pada map. Dan silakan menunggu hingga dipanggil. Proses 1 orang bisa mencapai 10-15 menit karena hanya ada 3 counter di ruang foto dan wawancara. Setelah dipanggil, langsung menuju counter, nanti ditanyain seputar keperluan pembuatan paspor, terus disuruh nunggu bentar, terus dipanggil lagi ke counter buat foto dan cap semua jari. Setelah itu baru tahap verifikasi dan wawancara. Alhamdulillah pegawainya lumayan ganteng, bersih, ya iyalah kerjanya di tempat AC begini masih jelek juga ya itu nasib. Terus ditanyain kerjaan, eh terus masnya minta surat keterangan kerja. Saya tanya kenapa, masak ga percaya saya kerja di Malang. Katanya karena domisili Semarang, dan di Malang untuk bekerja jadi perlu surat keterangan kerja. Oh my God, udah jam 2 dan masnya baru bilang sekarang! Kenapa ngga sejak awal cek dokumen ditanyain tuh surat? Mateng gw, udah kantornya tutup jam 4 pula. Saya cuma dikasi kesempatan hari ini atau besok untuk ngasi tuh surat. Saya cuma dikasi 2 lembar kertas, tanda terima dan bukti pembayaran, masih kurang 1 lembar lagi...Kalau hari ini saya ngga bisa usahain tu surat, total cuti buat ngurus nih paspor 3 hari+weekend banking pas bayar biaya pembuatan paspor.

Alhasil saya ngrepotin atasan dan salah satu staf HRD buat bikin surat keterangan dan fax ke Koperasi. Waktu pun cepat berlalu. Ga gampang menghubungi kantor yang letaknya di pedesaan, bad signal, damn! Baru jam 3 an suratnya jadi, pas saya udah nunggu hampir setengah 4, fax Koperasi bermasalah, oh nooooo! Saat itu bareng ada keluarga orang Arab juga nunggu2 fax dari Saudi. Kita disaranin ke rental terdekat kalau mau print. Mampus gw, tinggal setengah jam lagi, mana kantornya udah sepi lagi. Terus saya minta buat diemailin tuh surat. Untung ga jauh dari kantor ada rentalan komputer. Nunggu email masuk di rental dan langsung print, kemudian lari2 ke kantor Imigrasi lagi buat kasi tuh surat. Kondisi kantor dah sepi, komputer dah dimatiin padahal masih 15:40. Pas itu juga masih bareng orang Arab tadi. Saya langsung tanya petugas yang masih di ruangan, alhamdulillah bisa diproses dan saya dapet 1 lembar sisanya, dan diminta ambil 3 hari setelahnya. It means Friday. Kutanya bapak2 petugas, kalau diambil Sabtu bisa pak? Jawabnya, Sabtu libur mbaa...Busett dah, sama kaya kantor saya donk...

Benar2 perjuangan dah bikin paspor. Paspor online memang memudahkan dari segi pengisian data, tapi masih butuh bolak balik untuk ngurus di kantornya. Y U no tell me yang tentang surat keterangan bekerja untuk di luar domisili....hiks, ga enak ngribetin orang2 sekantor. Saya bisa siapin sebelumnya kalau memang itu persyaratannya. Kasian yang kantornya jauh mesti bolak balik. Jarak kantor saya dan Kanim Malang sekitar 2 jam. Gile dah....jangan kapok, Jumat balik lagi bro...!!! Tetap semangat!

4 comments:

  1. kantor imigrasi malang memang merepotkan mbak orang temen saya pasportnya sudah jadi aja gak di berikan dah 3x datang ke kantor imigrasi malang kasian jauh jauh naik bus dari surabaya ke malang gak ada hasilnya..

    ReplyDelete
  2. mbak kanim II malang itu dimana ya ?? mohon bantuannya...

    ReplyDelete
  3. alamat Kanim I Malang berada di Jl. R. Panji Suroso No 4, Kota Malang daerah (Arjosari). Tepatnya dari flyoverArjosari belok kanan sampai pertigaan Kantor Taspen, belok kanan kemudian lurus sekitar 100 meter. Nah Kantor Imigrasi Malang berada di kanan jalan bersebelahan dengan Pengadilan Negeri Agama (kalo tidak salah).

    ReplyDelete
  4. Saya mo ngurus di Kanim Malang. Agak parno baca cerita ini haha
    Btw mksh mbak sharenya

    ReplyDelete