Friday, August 14, 2015

Cara Memasak Tumis Sayur tanpa Micin

Kadang mengejutkan jika mendengar ada teman yang sakit parah, misal kanker dan yang sakit bercerita dengan ekspresi yang biasa saja, dan ujung-ujungnya adalah konsekuensi harus mengubah pola makannya.
Tanpa micin salah satunya.

Sudah lama sebenarnya tiap kali jajan di luar saya sering bilang ke abang-abang yang masak untuk tanpa micin, entah dilakukan atau tidak. Makan bakso atau mie ayam tanpa saos sambal dan kadang juga tanpa kecap. Emang rasanya enak? udah terbiasa sih, jadi rasanya masih acceptable. Kadang saya berpikir menikmati makanan tanpa micin itu seperti ngetes rasa masakannya sebenarnya enak atau ngga. Kalau ga pake micin rasanya amburadul, ya memang begitulah berarti..hehee, dan sebaliknya kalau tetap enak tanpa micin, berarti masaknya jago. They should be confidence with their food, because originally taste good, dan lumayan kan bisa ngirit biaya bahan baku, micin. Hihihi..

Emang paling sehat itu masakan rumah. Tapi kadang saya sebel juga kalau ibu pake penyedap rasa (secara diam-diam), hehe..dan perdebatan kami tentang micin pasti diakhiri dengan "ini masih mending daripada kalau jajan di luar". Yaah..sudahlah..bener juga sih..tapi yaah..sudahlah...

Nah, kali ini saya mau sharing resep tumis tanpa micin. Everybody can make it. Rahasianya simpel koq, bumbunya dibanyakin. That's it. Thanks for my friend who has taught me to cook like this. Resep ini kiranya untuk 5 orang kali ya. 

Bahan :
2 buah wortel buah yang dihilangkan intinya trus dipotong-potong
brokoli secukupnya (potong dan kemudian rendam dengan air garam, agar binatang2 seperti ulat mengendap di air garam)
buncis secukupnya
kacang kapri secukupnya
1 buah jagung manis dipipil

Bumbu :
3 atau 5 butir bawang putih yang digeprek (kenapa ganjil? karena Allah suka dengan angka ganjil, begitu sih kata temen saya)
bubuk pala secukupnya
gula pasir secukupnya
garam secukupnya
minyak secukupnya
air secukupnya (1 gelas aja cukup)

Cara memasak :
1. Tumis geprekan bawang putih dengan minyak secukupnya sampai harum.
2. Masukkan sayuran yang susah lunak, seperti potongan wortel dan pipilan jagung, tumis sampai agak layu (jangan sampai kematengan)
3.  Masukkan air ke dalam tumisan kemudian masukkan bubuk pala secukupnya, jangan pelit-pelit. Aduk-aduk bentar kemudian masukkan sayuran lainnya.
4. Masukkan gula dan garam secukupnya. Diicipin ya jangan lupa, adjust sendiri rasanya sesuai selera. 
5. Tumis sayur sampai air tinggal dikit. Pastikan sayurnya matengnya pas ya..jangan sampai kematangan atau bahkan masih keras..hehe
Masakan siap disajikan :)

Inti dari masakan tanpa micin itu sebenarnya : bumbunya dibanyakin, ga pelit-pelit banget. Kalau yang bikin tumis ini sedep itu ya bawang putih dan bubuk pala-nya. Itu sebenarnya duo maut kalau di masakan sayur sop, cuma lebih sedep lagi pake kaldu beneran, kaldu sapi atau ayam. Woww...ngomongin makanan pagi-pagi bikin laperr...yuk ke pasar sekarang...

2 comments:


  1. Terimakasih Artikel Cara Memasak Tumis Sayur tanpa Micin nya bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin
    Salam Kue Putri Salju

    ReplyDelete
  2. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.

    ReplyDelete