Friday, August 14, 2015

[Review] Novel Update Love

Hasil gambar untuk novel update love

Novel keempat karya Sayfullan ini mengisahkan tentang Dayu, seorang wanita karier yang bingung atas kehidupan cintanya. Pilih Mas Rama, lelaki yang selalu ada buat dia dalam suka maupun duka, atau Dino, lelaki pujaannya sejak kuliah dulu? Dayu versi jaman kuliah dikenal Rama sebagai perempuan yang cantik, lugu, penampilan biasa banget namun setelah hidup di Jakarta bermetamorfosis menjadi perempuan yang sombong dan serba menuntut.

Di saat Dayu jenuh dengan kehidupan cintanya bersama Rama, Dino datang bersama kenangan manis yang pernah terjadi antara Dino dan Dayu. Nah, apakah Dayu akan bersama dengan Dino, ataukah Rama?

Novel ini berhasil memanggil memori kehidupan saya saat jaman kuliah dulu. Sepertinya cerita novel ini masih relevan bagi orang-orang yang berusia 20-30 tahun dimana ada fase lulus kuliah-kerja-menikah. Perubahan gaya hidup, lingkungan pergaulan, bahkan karakter manusia itu sendiri kadang tidak bisa dihindari.

Alur novel ini cukup cepat menurut saya. Walaupun penulis berusaha menyajikan flashback di beberapa bagian, menjadikan akhir cerita ini mudah ditebak. Deskripsi yang kuat tiap objek dari cerita ini sudah bagus, namun kadang mengganggu (karena sebut merk kali ya, jujur saya pun kadang ga ngerti barang2 branded, apalah apalah..mungkin saya hampir sama old fashionnya kaya Rama). Untuk orang Jawa seperti saya, bahasa percakapan orang tua dan anak disini mudah dipahami, tapi untuk orang bukan Jawa, penulis seharusnya menyediakan footnote berupa terjemahan agar lebih mudah memahami.

Pesan dari novel ini tersirat walau agak samar. Untuk wanita seperti Dayu, tetaplah berkarier tanpa harus mengubah karaktermu, be your self, peganglah prinsip yang kamu yakin akan membuat dirimu lebih bahagia lahir batin. Hidup memang perlu di update, tapi inget kadang hidup itu upside down, jadi carilah sesuatu yang dia ga bakal rapuh pada saat kamu bersandar padanya.


Semoga review ini bermanfaat untuk kita semua. Semangat terus untuk penulis yang tetap berjuang, berjuang mewujudkan mimpi-mimpinya. 

No comments:

Post a Comment