Monday, May 16, 2016

Folk Music Festival (FMF) 2016

Setelah setahun vakum, Folk Music Festival kembali diadakan hari Sabtu kemarin (14/05) di Lembah Dieng, Malang. Pemilihan venue FMF 2016 ini tergolong unik karena mengambil tempat wisata Lembah Dieng yang mempunyai danau dan kolam renang. Berbeda dengan tahun 2014 di Surabaya yang bertempat di Surabaya Town Square (Sutos).

Para pengisi acara FMF 2016 antara lain : Wake up, Iris!, Teman Sebangku, Littlelute, AriReda, Silampukau, White Shoes & The Couples Company, Aurette and The Polska Seeking Carnival, Christabel Annora, Liyana Fizi, Tigapagi, Danilla, Mocca, dan Float. Dengan harga tiket presale 40rb dan tiket ots 50rb, penikmat musik folk benar-benar dimanjakan oleh penampilan mereka dari pukul 13:00 - 23:30 WIB. 

Saya sampai di Lembah Dieng sekitar pukul empat sore langsung menukarkan kuitansi dengan tiket ke panitia. Dengan sponsor yang luar biasa, sesaat memasuki venue, menurut saya mereka sanggup mengubah tempat wisata yang konon angker menjadi tempat konser yang luar biasa. Panggung berada di pinggir danau yang bersebelahan dengan kolam renang yang dipinggirnya sudah rapi stand2 penjual makanan, minuman, dan merchandise. Di luar panggung, juga terdapat area untuk pertolongan pertama dari PMI (kalo ga salah), dan juga ada mobil pemadam kebakaran yang standby. Security nampak dimana-mana mengesankan penyelenggara yang profesional. 

Ketika saya sampai, AriReda sedang menyanyikan puisi milik Sapardi Djoko Damono. Kemudian dilanjutkan oleh Silampukau yang berasal dari Surabaya. Setelah Silampukau, ada break maghrib yang saya gunakan untuk menjelajah stand di tepi kolam renang (dapat rice box ayam balado 15rb). 

Silampukau

White Shoes & The Couples Company (WSTCC) berhasil menaikkan mood penonton dengan penampilan live-nya yang luar biasa. Nona Sari bahkan masuk ke dalam kerumunan penonton sehingga suasana terasa dekat dengan penonton. Lagu andalan WSTCC seperti Senandung Maaf, Vakansi, tak luput dari antusias penonton. 


Penampilan Nona Sari (WTSCC)

Selanjutnya ada Aurette and The Polska Seeking Carnival menampilkan beberapa tembangnya yaitu I Love You More Than Pizza, Tamasya, dan Wonderland. Kemudian ada pemusik asal Malang yaitu Christable Annora yang memanfaatkan momen FMF 2016 untuk launching singlenya yang berjudul Sunshine.Talks. Satu-satunya guest star dari Malaysia, yaitu Liyana Fizi berhasil menarik perhatian penonton dengan "lawak kering" hasil interaksi dengan Ading Sore. Tigapagi juga tampil luar biasa dengan musik folk keroncong sundanya seakan membius penonton walaupun hujan gerimisi turun. Sambutan penonton yang meriah juga diberikan kepada Danilla yang bersemangat menampilkan lagu My Favorite Things, Ada di Sana, Buaian, Terpaut oleh Waktu, dan Berdistraksi. Selanjutnya ada Mocca yang tampil dengan lagu-lagu andalannya seperti I Remember, The Best Thing, Me and My Boyfriend, dan mengajak duet Liyana Fizi menyanyikan I Would Never. Acara ditutup oleh penampilan Float yang luar biasa menyanyikan Tiap Senja, Sementara, 3 Hari tuk Selamanya, dan Pulang. 

Float

Overall, saya benar-benar puas oleh penampilan para artis di FMF 2016 ini. Semoga tahun depan diadakan lagi Folk Music Festival yang tidak kalah serunya dengan FMF 2016 ini. Good job guys!!! Love it!

No comments:

Post a Comment