Tuesday, May 31, 2016

Digital Marketing


Perkembangan teknologi yang terjadi di era digital ini membawa banyak manfaat bagi kehidupan sehari-hari dan juga pada dunia bisnis. Salah satu manfaatnya pada dunia bisnis dan yang sedang banyak digunakan perusahaan adalah digital marketing. Digital marketing adalah pemasaran yang digunakan oleh perusahaan dengan metode digital seperi dengan website, blog, media social, Linkedin dan lain-lain.

Image result for digital marketing 
google.com

Sebenarnya mengapa perusahaan menggunakan digital marketing?

Pertama, karena pencarian dan penemuan dalam proses pembelian itu penting. Jika orang membutuhkan informasi mengenai suatu hal maka orangtersebut akan mencarinya melalui web pada tablet, PC, laptop, dan handphone mereka. Oleh karena itu perusahaan harus dapat membuat keyword yang menjadi kriteria pencarian.

Kedua, word-of-mouth juga merupakan cara marketing yang paling ampuh, karena testimony-testimoni dan rekomendasi yang bersifat positif memiliki nilai jual yang sangat tinggi terlebih lagi jika yang berbicara adalah orang hebat.

Ketiga, digital marketing membuat perusahaan lebih dekat dengan pelanggan. Perusahaan dapat menggunakan online networks untuk lebih dekat dengan pelanggannya di mana dalam kehidupan mereka saat ini tidak dapat dipisahkan dengan online networks.

Hal-hal yang harus dipersiapkan agar digital marketing menjadi lebih efektif :

  1. Profil pendek perusahaan (perkenalan)
  2. Kampanyekan nama dan solusi yang akan ditawarkan
  3. Obyektif dari kampanye tersebut (awareness atau sales atau keduanya)
  4. Siapa target pembacanya? (negara, industri, servis, konsultasi)
  5. Prioritas dari produk/ solusi (piranti lunak, servis, konsultasi)
  6. Produk/ solusi Anda dikenal sebagai apa? Buat daftarnya dengan menggunakan 10 kata kunci yang relevan dengan produk/ solusi tersebut yang dipahami dan dikenal oleh pelanggan
  7. Siapa kompetitor Anda dana apa nama produk tersebut? Buat daftarnya minimal tiga perusahaan
  8. Berapa total anggaran untuk kegiatan pemasaran?
  9. Buatlah perkiraan target dengan menggunakan tahapan :

  • Click through rate & sales conversion in 1 month > 3 months > 1 year
  • Leads management process. Bagaimana leads dapat dikelola? (melalui email, nomor telepon, contact person). Tindakan untuk mengambil setelah menerima leads (membalas email secara otomatis, tele-sales untuk menghubungi prospek?)
    10. Kegiatan pemasaran berikutnya.

Mendefinisikan pengukuran kesuksesan Anda :

Jangka pendek

  • Pengunjung website bulanan vs baseline
  • Responden bulanan vs baseline
  • Total followers social media
Jangka panjang

  • Responden yang sesuai / cocok
  • Shares dan perjanjian social
  • Menggunakan asset konversi
  • Tahap konversi (respon untuk pelanggan)
Tindakan selanjutnya adalah dengan mempertimbangkan :

  1. Sekalinya prospek termotivasi mengunjungi situs Anda, Anda harus memiliki beragam cara untuk menangkap respon mereka
  2. Ciptakan hal yang menarik untuk memancing panggilan agar terjadi sebuath tindakan, termasuk di dalamnya sebuah kontn penawaran yang menarik. Dorong lalu lintas pengunjung ke laman dimana respon sudah tertangkap.
  3. Ambil beberapa detil kontak yang dari setiap laman (kurang lebih).
  4.  Seluruh respon harus masuk ke dalam “alur kerja” dimana terdapat tambahan informasi yang  ditawarkan
  5. Respon secara otomatis akan pergi ke suatu tempat!

Bagaimana agar isi dari digital marketing menjadi menarik?
Yang terpenting adalah konten. Selain konten, ada hal apa saja yang perlu diketahui? Berikut tipsnya :
  1. Buatlah konten yang bernilai untuk public dan tidak terlalu terlihat seperti menjual produk
  2. Posisikan kita sebagai target pelanggan dan gunakan Bahasa mereka serta keyword seperti yang dicari oleh target pelanggan
  3. Apa yang membuat solusi kita berbeda dengan yang lain?
  4. Bagaimana membuat pelanggan menjadi sukses melalui solusi yang kita tawarkan?
  5. Gunakan gambar-gambar dengan uraian singkat atau unggah video pendek yang dapat menciptakan dampak yang lebih besar
  6. Informasi yang dijabarkan harus mudah, singkat, dan focus, tidak bertele-tele agar pelanggan tidak bingung
  7. Gunakan data statistic berdasarkan fakta agar public lebih yakin dengan informasi yang diberikan. Tambahkan informasi angka menjadi sebuah tulisan
  8. Jangan lupa untuk mengulas apa yang dilakukan public di dunia online karena hal tersebut akan membantu perusahaan menjadi seperti apa yan dicari oleh public dan dapat dengan mudah menjangkau public.
  9. Libatkan pelanggan Anda dalam pemasaran misalnya dengan bertanya, kemampuan dalam menjawab pertanyaan penunjuk halaman buku dan menerbitkan kembali tweets favorit dan lain-lain.
 Disalin dari Majalah Insite Januari 2016

No comments:

Post a Comment