Wednesday, July 24, 2013

Puasa Ala Anak Kos

Bulan Ramadhan tahun ini sudah separuh jalan, ini kali ketiga saya menjalankan ibadah puasa jauh dari rumah. Rasanya sih biasa aja, cuma bedanya semuanya disiapin sendiri, kecuali saat masih di mess perusahaan. Sebagai anak kos, sebenarnya tidak ada perubahan signifikan dalam persiapan buka ataupun sahur, anggap saja sahur itu sarapan, buka itu makan malam habis kerja.

Meski demikian, bulan Ramadhan memang lebih spesial daripada bulan lainnya. Karena tradisi masyarakat, menjadi banyak pilihan pas mau buka puasa :) keuntungan sih..tapi harganya out of budget..soalnya pengen beli ini itu #kalap pas laper#

Di Kepanjen sendiri ada pasar takjil di dua tempat, yaitu di depan kantor Pos Jalan Kawi dan di belakang stasiun Kepanjen. Keduanya sama saja koq, tinggal pilih yang mana. Jualannya seperti lauk & sayur untuk berbuka, macam-macam takjil, kadang jajan pasar juga ada. Tinggal dipilih mau beli yang mana deh..yang penting sesuaikan dengan isi dompet..hihihi

Bagiku, menu sahur dan buka simpel-simpel aja, ga jauh dari rutinitas beli lauk seperti hari-hari tidak puasa. Cuma agak ribet di sahur, harus sedia minimal nasi/roti buat sahur.

Sahur
Menu sahur yang paling simpel adalah telur mata sapi :) lima menit aja udah jadi..tinggal makan pake kecap. Kalau mau bervariasi ya dibikin telur dadar atau omelet aja. It just takes 10-15 minutes koq. Selain itu, saya juga coba beli nugget So Good yang Spicy, lumayan dapet harga murah 22.000 untuk 400 gr. Sepertinya dikit, ternyata bisa bertahan sampai 5 hari lho..sampe mabok nugget deh..sahur nugget, buka pun juga nugget. Dikombinasikan dengan saos botolan atau mayones biar lebih sedep. Selain itu, menu sahur dari menghangatkan menu buka yang masih sisa. Saya pernah ngangetin capjay, kalau martabak telur, saya lebih suka yang dingin2 dari kulkas.

Buka Puasa
Yang penting ada air putih, dan minimal kurma untuk mbatalin puasa. Kalau makan besar, wah kalau ini banyak variasinya, tinggal pilih. Tapi diusahakan pas buka juga ada sayur dan buah, biar ga sembelit. Kadang kalau ga sempet, saya minta lauk ibu kos :) Ibu kosku selain pinter masak, juga baik hati.

Tapi....harus tetep inget makna puasa..mengendalikan hawa nafsu...jangan sampe ikut tren masyarakat ya yang malah "berlebihan" dalam bulan Ramadhan. Ga perlu menu buka/sahur yang wah...yang penting esensinya dapet. Semoga kita semua dapat menjalankan ibadah sebaik-baiknya pada bulan Ramadhan ini. Aamiin.. :)

No comments:

Post a Comment