Sunday, November 16, 2014

Tahu Gimbal, Kuliner Khas Semarang


Tahu gimbal merupakan salah satu kuliner khas Semarang. Sebenernya ini salah satu varian makanan yang berbumbu kacang/ sambel kacang. Namun ada beberapa bahan yang membuat makanan ini berasa khasnya, salah satunya adalah gimbal. Gimbal adalah udang yang dibuat seperti bakwan, jadi tepung terigu yang dicampur air (agak kental) terus dikasi udang di dalamnya. Bisa dibikin tebel tepungnya jadi seperti bakwan atau tipis tepungnya kaya gambar di bawah ini.


Bahan-bahan untuk bumbu kacangnya adalah bawang putih dikit aja, garam dikit, diuleg sama kacang tanah yang sudah digoreng, dikasi petis dan air rendaman asam jawa. Terus untuk penyajiannya, bahan-bahannya adalah :
- lontong
- tahu putih dipotong kotak2 kemudian digoreng terpisah
- gimbal digoreng, kemudian dipotong2,
- irisan kubis / kol
kemudian disiram dengan bumbu kacang tadi, diberi taburan daun seledri, dan diberi kecap di atasnya. This is it! :) Kalau kurang kenyang, bisa ditambah telur mata sapi sebagai lauk tambahan.

Kalau ribet bikin, ya beli aja di Semarang banyak, ada yang keliling atau warung2 di pinggir jalan. Biasanya kalau cari warung yang banyak penjual tahu gimbal itu di bunderan Taman KB Jl. Menteri Supeno, atau penjual keliling di kampung2 siang malem ada. Kalau saya sih beli di deket rumah aja, di Taman Plered Gedungbatu dekat Banjir Kanal Barat. Cukup 8000 rupiah bisa kenyang banget, karena porsi cowok, tapi antrenya ngga kuattt ;) 

No comments:

Post a Comment