Saturday, March 21, 2015

Cara Mengubah Jadwal Penerbangan Citilink

Ini kejadian barusan terjadi, dan alhamdulillah solved. Minggu depan saya dinas ke Jakarta, tiket pesawat sudah dipesan sama perusahaan lewat travel agent. Eh, setelah saya lihat lagi itinerarynya, tiket Citilink balik ke Surabaya nya salah tanggal! Oh my God..jadi kelamaan di Jakartanya donk..padahal udah ga ada keperluan. Mau kemana saya seharian luntang lantung di Jakarta. Sodara ada sih, tapi jauh di Cipinang sana..

Saya tanya ke staf yang mesenin tiket saya, katanya sudah sesuai dengan travel request saya, yasudah apalah daya, sekarang tinggal cari solusinya, gimana caranya biar bisa dapet tiket sesuai dengan jadwal saya. Setelah tanya sana sini, akhirnya begini solusinya :

1. Kalau pesan lewat travel agent, minta tolonglah ke travel agent Anda untuk mengubah jadwal penerbangan Anda. Karena hanya travel agent yang pesen tiket yang bisa mengubah jadwal penerbangan. Saya sudah tanya ke travel agent deket kos saya, mereka bilang tidak bisa. Nah, kalau posisi Anda seperti saya yang ngepasin Sabtu Minggu yang kebanyakan kantor travel agent tutup, bisa pilih solusi no. 2

2. Telepon langsung call center Citilink 080410080808 bisa dilihat dalam web http://www.citilink.co.id/
Nanti minta tolong CS nya untuk mengubah jadwal penerbangan Anda. Untuk mengubah jadwal ini dikenakan biaya 200rb (dan hanya bisa sekali perubahan saja) dan ditambah biaya perbedaan tarif antara jadwal lama dengan baru. Keterangan lebih lanjut bisa dibaca di http://www.citilink.co.id/fees/
Pembayaran bisa dilakukan lewat ATM, mintalah petunjuk pada CS bagaimana cara pembayarannya. Setelah itu cek lagi pada status reservasi di web dan print itinerary. Jangan lupa bawa itinerary yang baru dan bukti pembayaran ATM pada saat check in.

Alhamdulillah, untuk jadwal yang saya inginkan masih ada seat. Problem solved. Pelajaran yang bisa diambil adalah : Telitilah sebelum memesan tiket dan telitilah dalam membuat travel request! Komunikasi itu penting, kalau ada miss aja kayak gini, konsekuensinya ngrepotin banyak orang dan ngabisin lebih banyak uang. Nah lo...hehehe...

No comments:

Post a Comment