Friday, July 4, 2014

Greenfields Cheese Products

Finally, setelah sekian lama saya menjanjikan untuk membuat artikel mengenai cheese, baru kali ini saya bener2 niat. Awalnya saya tidak terlibat sama sekali dalam "cheese making" di Greenfields, karena sudah ada masternya yang ahli. Namun karena pernah ditanya sama sales mengenai cheese dan saya belum tahu jawabannya, rasanya bener2 malu (orang produksi koq ga tau produknya sendiri sih?? apa kata dunia??). Kalau mau egois, saya fokus ke produksi susu, jadi produksi cheese saya ga ikut2. Tapi masak mau jawab kayak gitu sih? Kesannya ga profesional ya :( Nah, mulai saat itulah saya niatkan dalam hati untuk belajar lebih dalam mengenai produksi cheese. I am not the expert one, but I will try to satisfy my customer with telling them bout cheese knowledge.

Greenfields sendiri memang dari awal setting, produknya bukan produk biasa. Decision buat produksi mozzarella cheese aja menurut saya, itu suatu tantangan dari segi produksi maupun marketingnya. How come? Coba cek display cheese product di retail atau toko sekitar kita. Mostly cheddar, iya kan?di iklan2 aja keju yang dikenal Indonesia bisa dibilang cheddar. Keju ya cheddar. Nah, lihat sekelilingnya cheddar, ada apa aja, dan produksi mana aja..hampir semua impor. Banyak keju2 yang "aneh" buat orang Indonesia umumnya, seperti mozzarella, edam, goudi, dsb. Untungnya, orang Indonesia mengenal pizza. Keju yang molor2 itu namanya mozzarella cheese. Mozzarella aslinya dari Italia. Dari tempat asalnya sono, keju udah macem2 deh jenisnya, dan ga jamin semua bentuk, tekstur, bau, rasa sesuai dengan selera Indonesia.

Greenfields Mozzarella terbuat dari susu dairy farm yang kualitasnya benar2 bagus. Saya percaya dari raw material yang berkualitas bagus menghasilkan produk yang bagus pula. Prosesnya secara umum mulai dari pasteurisasi, penambahan kultur dan rennet, sampai terbentuk curd, kemudian distretching dan molding selanjutnya dibrining sampai produk siap dikemas. Tiap tahapan proses produksi dijaga ketat parameter produksinya karena akan berpengaruh terhadap kualitas produk. Greenfields memproduksi Mozzarella Block 1 kg dan 200 gr. Selain itu, untuk topping,Greenfields juga memproduksi Shredded Mozzarella, jadi tinggal tabur aja ga perlu cape2 parut :)

Biasanya properties yang dicari kalau mau menggunakan produk ini adalah stretching dan meltingnya. Untuk newly made mozzarella, stretchingnya lebih tinggi dibanding meltingnya karena struktur proteinnya juga masih bagus. Kombinasi properties ini akan terbalik seiring berjalannya waktu. Saat mendekati shelf life-nya, meltingnya akan lebih tinggi daripada stretchingnya karena melting sendiri ditentukan oleh lemak dari dalam keju. Perubahan alami akan terjadi selama masa shelf life-nya yang akan mempengaruhi fisik dan kualitas produk, namun produk masih aman dikonsumsi. 
 Untuk rasa mozzarellanya, ga perlu ditanya deh, susu aja enak apalagi kejunya :) Ayo buruan cobain, bisa dipake untuk bikin pizza, pasta, atau sekedar untuk dijadikan cemilan stik mozzarella ditaburi tepung roti terus digoreng aja bisa. Renyah di luar, melting di dalam,, hmmmm....nyummyy! :)

No comments:

Post a Comment