Friday, December 13, 2013

[Share] Tes CPNS TKD CAT

Helloooo....sudah lama ya rasanya saya tidak corat coret disini..agaknya saya sedikit sibuk dengan adanya agenda menghadiri pernikahan om, teman kuliah, dan my special event last month, followed CPNS test.

Model tes CPNS ini berbeda dengan tes2 sebelumnya. Jika sebelumnya tes dikerjakan di LJK, kali ini menggunakan CAT (Computer Assisted Test). Lebih transparan sih, dan lebih bagus menurut saya. Jadi seperti ini kronologisnya. Jadwal tes jam 15:00 sampai selesai. Peserta diwajibkan datang 15 menit sebelumnya. Ternyata saya baru tahu, tes ini dilakukan beberapa hari dengan seharinya bisa 4-5 sesi dengan per sesi kira-kira 100an orang. Pada 14:45 peserta diwajibkan registrasi dengan menunjukkan KTP asli. Tas dan semua alat tulis ditinggal dalam ruangan berbeda dengan ruangan tes. Kami hanya diperbolehkan membawa KTP saja. Sebelumnya kita diberi pengarahan bagaimana mengerjakan soal dengan menggunakan sistem CAT. Penjelasan ini diulangi 2x dan diulangi lagi di ruangan tes. Jadi kalo masih belum paham, kebangetan..hehehe..ini aja sampe bosen ndengerinnya.. Kemudian kita digiring ke tempat tes seperti ruang komputer/lab komputer dimana setiap orang sudah memegang komputer sesuai dengan nomornya. Ada 100 soal yang harus dijawab dalam 90 menit. TKD ini terdiri dari TWK, TIU, dan TKP. 

TWK (Tes Wawasan Kebangsaan) terdiri dari soal2 yang berkaitan dengan sejarah, semua sejarah, tapi kebanyakan sejarah Indonesia mulai dari jaman prasejarah sampe baru-baru ini, kemudian pengetahuaan ttg UUD 1945, Pembukaan UUD 1945, Pancasila, undang-undang, tata negara, kebijakan pemerintah. TIU (Tes Intelegensia Umum) bentuknya seperti psikotes yang berisi tes sinonim, antonim, matematika dasar, dan logika. TKP (Tes Karakter Pribadi) bentuknya juga seperti psikotes yang berhubungan dengan perilaku apa yang kita ambil pada saat kondisi tertentu. Saya agak lupa perbandingan TWK : TIU : TKP, sepertinya 30 : 30 : 35. Untuk setiap jawaban benar poinnya 5, salah 0, hanya saja untuk TKP tidak ada jawaban benar atau salah, yang ada gradien poin, paling benar poinnya 5, agak benar 4, dst. Passing grade sistem CAT ini 250 poin, dengan masing-masing punya passing grade tersendiri. 

Hebatnya sistem CAT ini adalah soalnya pada masing-masing komputer berbeda. Saya cek di kanan kiri saya soalnya berbeda, jadi lupakan saja masalah mencontek, mending fokus ngerjain tes karena jatah 1 soal kurang dari 1 menit. Kita akan membutuhkan banyak waktu untuk mengerjakan matematika apalagi logika -__- untung ada TKP yang ga perlu banyak2 mikir karena tinggal pilih sesuai dengan kepribadian kita saja. Dan di akhir tes kita bisa langsung melihat skor kita. Entah itu lolos atau tidak, saat tahu hasilnya, kita bisa tahu kemampuan kita dan meng-upgrade kemampuan kita jika tidak lolos tahun ini. 

Saran saya secara pribadi, maksimalkan nilai di semua soal. Untuk TWK belajar sejarah, baca2 wikipedia itu paling cepet lah, saya aja modal cuma beli buku soal sama buka2 wikipedia sebelum tes. Lumayan membantu. Untuk UUD 1945, pancasila, tata negara juga seperti itu, baca berulang kali..dipahami maksudnya..banyak yang keluar soalnya. Untuk TIU banyak latihan, sebenarnya model soalnya itu-itu aja, tapi lebih cepat mengerjakan lebih baik. 

Kalo yang mau latihan tes2 itu silakan aja diunduh di :
http://www.4shared.com/file/zCAyQmYl/TES_TWK_TKD_CPNS_2013.html
http://www.4shared.com/file/d74-e0Bc/TIU.html

Good luck :)

No comments:

Post a Comment